Guna Meningkatkan Ekonomi Warga, KWB Giat Pelatihan UMKM

  • Bagikan

PN.BOGOR l — Guna meningkatkan ekonomi masyarakat setelah covid-19 ,mulai melandai, Karukunan Warga Bogor (KWB) mengadakan giat pelatihan UMKM. Acara tersebut digelar di CANTIKA LOKA Ciawi Jl.Tapos Lbc, Cileungsi, Kec Ciawi, Bogor. Hadir dalam acara tersebut Camat Ciawi, Ketua UMKM Kecamatan Ciawi, Ketua KWB Kabupaten Bogor  dan para Pengurusnya, Ketua IKM, sertan Perwakilan di tiap-tiap Desa Sekecamatan Ciawi .

Wilis Ketua UMKM Kecamatan Ciawi dalam giat UMKM, Kamis [30/9/21], mengungkapkan, bahwa UMKM yang masih sanggup bertahan dimasa  pandemi karena mereka kreatif, inovatif, tahan banting, pekerja keras, dan sebuah kebutuhan untuk penghidupan.

“Giat yang dilakukan KWB di kecamatan Ciawi saat ini menjadi harapan bagi pelaku usaha UMKM dimasa  pandemi, agar masyarakat mampu membangun semangat berusaha,” terang Wilis

Dalam acara tersebut juga ada acara bazar produk UNKM. Masing-Masing desa mempunyai produk unggulan. Untuk kecamatan Ciawi produk unggulan yang sudah-sudah adalah cabe merah dari Gapoktan [Gabungan Kelompok Tani] yang ada di Desa Cileungsi. Untuk masing–masing desa salah satunya unggulannya madu, yang sudah berjalan.dan yang lainnya seperti  Peci,Minuman Seruni,Tahu Goreng Bogor Ceria, Rangginang Ibu Mae, sale pisang arum manis juga  bunga.

Bahan-Bahan tersebut seperti kue-kue dengan bahannya adalah dari tepung beras dan ketan singkong juga ubi Unggu. Dengan adanya giat produkttif ini Wilis yakin Kecamatan Ciawi sebagai Kecamatan UMKM akan bisa terus digulirkan.

Di tempat yang sama, Ade Heryana Camat Ciawi menambahkan, dari unggulan UMKM tiap-tiap desa punya unggulan masing-masing merata, kalau dari pertanian punya beras hitam dan bekerja sama dengan UPT Pertanian, dan dibantu pembinaannya dari UPT Pertanian  dan nanti insya Allah nanti ada  perkembangan jagung, jamur juga ada, dari perikanan belum begitu banyak baru sebatas ternak-ternak ikan kecil saja. Dari mulai ikan lele, ikan mas dan lain sebagainya.

“Untuk peternakan masih budidaya saja.Mudah-mudahan untuk kedepannya lebih dikembangkan lagi dan bekerjama dengan UPT dan forum UMKM  di Wilayah Kecamatan Ciawi,” jelas Ade Heryana.*** (Bob/Yuni)

 2,153 total views,  1 views today

  • Bagikan