Beberapa Wilayah di Tasikmalaya Rawan Longsor

TASIK, PN – Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tasikmalaya Ria Supriatna mencatat 39 kecamatan di wilayah kerjanya rawan pergerakan tanah.

“Hampir merata di seluruh wilayah, namun di dua wilayah yang paling rawan yakni Salawu dan Puspahiang,” kata Ria, Kamis (10/1/2019).

Sementara, Dua daerah di Kabupaten Tasikmalaya masuk kategori paling rawan longsor. Lokasinya di Kecamatan Salawu dan Puspahiang.

BPBD sudah menggelar sosialisasi kepada warga di Salawu dan Puspahiang untuk mengganti area persawahan dan kolam dengan cara menanami tumbuhan. “Sebagian ada yang melaksanakan sosialisasi itu, tapi sebagian lagi belum. Karena kita juga tidak bisa memaksa,” ucapnya.

Saat ini, menurut dia, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk segera menutup kembali lubang menganga kalau terjadi pergeseran tanah. “Selain tentunya harus siaga jika ada hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi dalam waktu lama,” ujar Ria.

 

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: pajajaranred@gmail.com Terima kasih.