Kaum Milinial, Jual Takjil Di Pasar Kaget 10 Pakuncen

PN.BANYUMAS l – Liburan paska kelulusan SMP/SMA dimanfaatkan para millenial Banyumas Barat untuk berjualan aneka takjil keperluan berbuka puasa di arena Pasar Keget 10, Masjid Darussalam Pekuncen, Banyumas sejak awal Romadhon-jelang Idul Fitri (6/5-4/5). Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini diselenggarakan oleh Team Tadarus dan Wirausaha Darussalam Pekuncen dan dibuka secara resmi oleh Camat Pekuncen, Parsono, S.Sos.,M.Si.

Pasar Kaget 10 Pekuncen. Ramai pengunjung.

Dalam sambutanya, Camat menyambut baik atas prakarsa usaha nyata pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi yang dipadukan dengan kegaitan keagamaan. “Apalagi tadi saya dengar dari panitia, selain para pedagang pasar kaget ini, banyak yang paginya biasa berjualan di Pasar Legok, juga ada adik-adik yang baru lulus sekolah mengisi masa libur dengan berjualan aneka takjil. Ini bagus sebagai ajang latian berwira usaha,” paparnya.

Dijelaskan Ketua Panitia, Riyanto bahwa Pasar Kaget 10 diprakarsai para muda yang tergabung dalam Team Tadarus dan Wirausaha Darussalam (TTWD), masjid Darussalam Pekuncen, Kecamatan Pekuncen, Banyumas, Jateng.
TTWD dibentuk tahun 2009, sedangkan kegiatan pasar kaget Romadhon diadakan sejak tahun 2010, “Alhamdulillah masih bisa diselenggarakan pada taun ini. Tak lain karena adanya kerjasama yang mufakat antara TTWD, Takmir Masjid, para donatur /seponsorship dan para pedagang serta masyarakat setempat,” jelas Yanto.

Arum dkk, alumni yang baru lulus SMP di SMPN Ajibarang, mengaku surpraise dengan membludaknya pengunjung Pasar Kaget di masjid cagar budaya Saka Tunggal Darussalam ini. “Semoga setiap sore semua dagangan laris manis,” ujarnya.

Pasar Kaget berlangsungh selama sebulan, buka setiap hari menjelang Ashar hingga maghrib. Menurut Ketua TTWD, Irfan, kegiatan ini sebagai satu kiat untuk pemberdayaan ekonomi umat dalam usaha mengelola modal kecilnya melalui penyediaan sarana bagi para pedagang dadakan untuk berjualan aneka kebutuhan berbuka puasa dan sahur di bulan Romadhon “Selain itu pasar rakyat ini untuk mengenalkan kepada masyarakat aneka produk dagang dan jasa dari para pedagang atau pengusaha di wilayah kecamatan Pekuncen dan sekitarnya bahkan terbuka pula bagi pengusaha daerah lain untuk memasarkan produknya,” Papar Irfan.*** (Fat)

Pengunjung belanja untuk berbuka di pasar kaget 10 Pekuncen.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: pajajaranred@gmail.com Terima kasih.