Pakar Pers Kamsul Hasan: Sekber Wartawan Depok Bisa Menjadi Ujung Tombak Edukasi Wartawan

  • Bagikan

PN.DEPOK l – Perayaan Hari Pers Nasional (HPN) Sekber Wartawan Kota Depok 2021 yang di gelar di Gedung Serbaguna Balai RAKYAT Jalan Bangau Raya Depok Jaya Kecamatan Pancoran mas Kota Depok berlangsung cukup meriah, Jumat (26/2/2021)

Adapun diskusi publik peringatan HPN Sekber Wartawan Kota Depok, mengusung tema “Peran Wartawan Dalam Mensukseskan RPJMD Kota Depok 2021-2026” dengan pembicara yakni pakar pers Kamsul Hasan, Kepala Diskominfo Kota Depok Sidik Mulyono sebagai perwakilan dari pemerintahan Kota Depok, dengan moderator Pendiri sekaligus Pembina Sekber Wartawan Kota Depok Herry Budiman.

Dalam sambutannya, ketua panitia pelaksana Ardhie Gunara Iskandar menyampaikan rasa syukurnya. “Puji dan syukur, kita panjatkan kehadirat Tuhan Semesta Alam Allah SWT dimana berkat dan karunia-Nyalah kita hingga saat ini masih diberikan nikmat umur, nikmat sehat, sehingga kita masih bisa berkumpul dalam kegiatan Hari Pers Nasional Sekber Wartawan Kota Depok,” ucap Ardhie.

Lebih jauh Ardhie menjelaskan, meski dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, namun demikian tidak menyurutkan semangat dan niat insan pers dalam hal yang positif salah satunya melalui kegiatan HPN Sekber Wartawan Kota Depok 2021.

“Untuk itu, Saya berharap agar melalui kegiatan HPN 2021 Sekber Wartawan Kota Depok ini, menjadi momentum untuk kita sebagai insan pers yang ada di kota Depok, untuk lebih meningkatkan dan mempererat silaturahmi, bisa bersama-sama saling dukung – mendukung, saling bahu-membahu bersama dengan pemerintahan terkait di kota Depok, untuk turut serta dalam pembangunan kota Depok agar lebih baik lagi dimasa yang akan datang,” terang Ardhie lagi.

Ardhie juga berharap, melalui kegiatan hari pers nasional ini, Semoga pers Indonesia umumnya, terutama pers kota Depok bisa lebih baik lagi dalam penyampaian berita, aktual, faktual dan lebih profesional dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai insan pers di kota Depok ini.

Sementara itu, dalam pemaparan materinya, Pakar Pers Indonesia Kamsul Hasan membedah peranan media sebagai pilar demokrasi keempat dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya untuk mengawal dan memberikan informasi yang jelas terkait RPJMD Pemerintah Kota Depok kepada masyarakat.

“Sebagai insan pers, tentunya kita harus memahami arti kata “Mensukseskan” dalam tema yang diusung pada kegiatan hari ini. Dan hal ini sangat menarik untuk dibahas. Itu sebabnya saya langsung agendakan saat undangan dari Sekber sampai ke tangan saya dua bulan lalu,” terang Kamsul.

Penjabaran kata “Mensukseskan” adalah peranan wartawan yang mewakili masyarakat luas dalam melakukan pengawalan terkait RPJMD Kota Depok. Wartawan yang menjalani fungsi pers selain sebagai media informasi juga kontrol sosial. Kamsul berharap, Sekber Wartawan Depok bisa menjadi ujung tombak edukasi wartawan.

Dalam agenda kegiatan tersebut juga turut hadir Kepala Diskominfo Kota Depok Sidik Mulyono yang memberikan edukasi bagaimana agar awak media terhindar dari covid 19, serta para ketua berbagai organisasi dan komunitas pers sekota Depok diantaranya, IPJI, PWOIN, Pokja Wartawan, PWRI, AWAN, Forward, AJI, KWRI,IMOJI,PWI,DMC,KOGAWAD dan lain sebagainya.*** (dim)

 921 total views,  2 views today

  • Bagikan