Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ Menggelar Webinar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)

PN.JAKARTA l — Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Menggelar Webinar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Menciptakan Pembelajaran Daring yang Menyenangkan dengan Platform Sederhana” Sabtu (14/8/2021).

Acara ini bekerja sama dengan Gugus III Cilaku Provinsi Jawa Barat dan dilaksanakan secara daring melalui Zoom.

Webinar yang dibuka secara resmi oleh Direktur Pascasarjana UNJ, Prof. Dedi Purwana ini diikuti oleh sekitar 240 peserta yang terdiri dari para guru, dosen, mahasiswa dan masyarakat umum. Selain dihadiri oleh Koordinator Program Studi Teknologi Pendidikan, Dr. Eveline Siregar dan Ketua Gugus III Cilaku Nurul Bariyati, S.Pd., hadir juga narasumber, Dr. Uwes Chaeruman dan Dr. Cecep Kustandi.

Dr. Uwes meyampaikan materi tentang Menghidupkan Pembelajaran Daring menjadi Lebih Hidup dan Dr. Cecep menyampaikan materi tentang Pemanfaatan Aplikasi Penunjang Pembelajaran Daring.

Dalam paparannya, Dr. Uwes mengatakan bahwa teknologi boleh berubah tetapi satu hal yang tidak akan pernah berubah yaitu menciptakan pengalaman belajar.

“Teknologi boleh berubah dan pasti berkembang dengan pesat, tetapi satu hal yang tidak akan pernah berubah dalam pembelajaran menggunakan teknologi apapun yaitu menciptakan pengalaman belajar,” kata Dr. Uwes dalam paparan materinya.

Antusias dari peserta webinar sangatlah tinggi, hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta webinar yang mengajukan pertanyaan kepada Dr. Uwes terkait pembelajaran di masa pandemi ini.

Paparan yang disampaikan oleh Dr. Cecep lebih kepada praktek menggunakan aplikasi gather.town. Aplikasi ini sangatlah menarik untuk digunakan oleh para guru atau dosen dalam melaksanaan pembelajaran daring. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang meminta kepada Dr. Cecep untuk menyediakan waktu khusus melatih aplikasi pembelajaran bagi para guru.

Dari sajian materi yang dipaparkan Dr. Cecep, satu hal yang digarisbawahi beliau soal peran guru dalam hal perkembangan zaman ini yang tidak akan pernah tergantikan.

“Secanggih apapun aplikasinya, peran guru tetap tidak tergantikan,” paparnya menguatkan pentingnya sosok guru.

Kegiatan PKM Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ ini tidak hanya sampai disini saja, masih akan ada sesi daring selanjutnya yang akan dilaksanakan di bulan Agustus ini dan sesi luring yang akan dilaksanakan di bulan September. Kegiatan selanjutnya akan diikuti oleh para guru dari Gugus III Cilaku.***

Laporan: Soleh Sohih

 

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: pajajaranred@gmail.com Terima kasih.