Rapat Pleno SWI Jateng, R.W Setya Putra Terpilih Sebagai Ketua

PN.JATENG | — R.W Setya Putra, terpilih sebagai Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Sekretariat Bersama (Sekber) Wartawan Indonesia Periode 2020-2025. Ia terpilih secara aklamasi dalam Rapat Pleno di Aula Kopi Kellon Sriwijaya, Kota Semarang, Jumat (2/9/2020). Rapat Pleno itu dipimpin salah satu mandataris SWI Provinsi Jawa Tengah, Okky Andaniswari.

“Tentu amanah teman-teman akan selalu saya jaga. Nanti bersama kita tingkatkan kualitas dan profesionalitas kinerja wartawan yang tergabung dalam SWI,” kata R.W Setya Putra.

Wakil Ketua I SWI Jateng terpilih, Agung C, menambahkan, wartawan memiliki peran penting mendukung keberhasilan program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah, khsususnya di Provinsi Jawa Tengah. Untuk itu, pihaknya, berharap personil DPW SWI Jateng nantinya dapat memperkuat sinergi mendukung program kerja pemerintah, namun tetap menjaga independensi. Pihaknya, juga berharap seluruh anggota SWI di Provinsi Jateng, agar saling mendukung untuk kemajuan bersama dalam memajukan organisasi.

“Saya membuka diri dan siap menerima masukan saran pendapat dan kritikan dari rekan-rekan insan pers. Untuk membangun dan memajukan SWI Jateng sehingga bisa semakin dikenal publik,” tandasnya.

Agung mengatakan, salah satu fungsi wartawan adalah menyampaikan keluhan masyarakat agar sampai ke pemerintah maupun instansi terkait yang ada, sehingga pemerintah maupun lainnya, bisa mengetahui dan bertindak langsung sebagai upaya penyelesaian permasalahan yang terjadi. Untuk itu, wartawan dan pemerintah hendaknya bisa menjadi mitra, saudara dan keluarga. Dengan begitu bisa saling membantu satu sama lain untuk membantu mewujudkan Provinsi Jawa Tengah menjadi lebih maju lagi.

“Sebagaimana pesan Ketua terpilih, waktu dekat kami akan bentuk SWI di kabupaten dan kota di Jawa Tengah, sekaligus menyiapkan agenda pelantikan dan pengukuhan. Yang jelas, saat ini kedudukan kita masih sama seperti organisasi wartawan yang ada, apakah itu seperti IWO (Ikatan Wartawan Online), Forwaka (Forum Wartawan Kejaksaan), maupun lainnya,” jelasnya.

Pihaknya juga meminta personil SWI di Jawa Tengah selalu solid dan selalu menjaga nama baik SWI. Karena saat sekarang semakin banyak media maupun organisasi perkumpulan wartawan, yang tentunya semakin besar potensi profesi wartawan disalahgunakan. Ia juga memastikan akan bersinergi dengan baik, dengan sejumlah organisasi profesi wartawan yang sudah diakui dewan pers, maupun sebatas perkumpulan.

“Banyaknya laporan tentang wartawan yang asal membuat berita tanpa mengetahui kode etik jurnalistik itu sendiri, ataupun oknum organisasi wartawan malah melakukan pemerasan, yang jelas kalau sampai itu terjadi di SWI Jateng akan kita tindak tegas dan keluarkan,” tandasnya.*** (Bng)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: pajajaranred@gmail.com Terima kasih.