Bersama Seniman dan Budayawan Bogor Utara, DKKB Akan Kembangkan Wisata Budaya di Gunung Pajang

PN.BOGOR l — Dewan Kesenian Kab. Bogor (DKKB), memenuhi undangan para pelaku seni dan budaya di tiga wilayah, Parung, Gunung Sindur dan Ciseeng, di daerah Gunung Pajang Tumaritis, Minggu (30/1/2022).

Silaturahmi tersebut sekaligus memperkuat ruang gerak seniman dan budayawan, untuk melakukan kegiatan produktif. Hadir dalam pertemuan tersebut seperti pemain Lenong, Blantek, dan pelaku seni budaya yang lainnya.

“Wilayah Parung, Ciseeng dan Gunung Sindur adalah wilayah Bogor Utara, lebih dekat ke Depok, Tangerang dan Jakarta, sehingga perkembangan seni tradisinya lebih kepada ‘Betawi Ora’,” jelas Putra Gara, Ketua DKKB dalam sambutannya.

Meski begitu, tambah Gara – keberagaman inilah menjadi kekayaan seni di Kabupaten Bogor yang ada.

Dalam pertemuan tersebut yang diinisiasi oleh tokoh budaya Ki Narto, juga melibatkan unsur pengurus desa seperti BPD, Bumdes, dan pengawas Bumdes yang saat ini mengelola Wisata Air Panas Ciseeng.

“Potensi Wisata Gunung Pajang yang kaya akan sejarah dan juga situsnya sangat memungkinkan untuk dikembangkan menjadi wilayah Wisata Budaya,” terang Ki Narto, yang selama ini konsen merawat situs atau peninggalan masa silam yang ada di Gunung Pajang.

Selain itu, di tempat tersebut juga ada makom Abah Buntung, tokoh pejuang jaman kolonial yang banyak dikunjungi orang untuk ziarah. Ditambah, ada Goa Wayang, Goa Gajah, dan juga ada sumber mata air yang berbentuk sumur kecil memiliki tiga rasa berbeda.
Untuk mengawali rencana pengembangan Obyek Wisata Budaya Gunung Pajang, DKKB bersama tokoh budaya dan seniman setempat akan melakukan program giat bersama Dewan Kesenian Saba Desa terkait wisata budaya tersebut.***(bng)

 208 total views,  1 views today

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: pajajaranred@gmail.com Terima kasih.