Depok City Operations Room (DeCOR), Menyempurnakan Pelayanan Publik

Pajajarannews.com – Depok, Wali Kota Depok Muhammad Idris meresmikan pembangunan layanan Depok City Operations Room (DeCOR) di Gedung Baleka, Balai Kota Depok, Jalan Margonda Raya, Pancoran Mas, Rabu (23/01/2019).

DeCOR merupakan pusat kendali terpadu dan terintegrasi terhadap berbagai pelayanan publik, mengendalikan, memantau, mengawasi serta menerima berbagai data dan informasi yang berbasis teknologi.

“DeCOR ini adalah salah satu program penerapan salah satu misi Kota Depok, yaitu menyelenggarakan pelayanan publik yang profesional dan transparan,” kata Muhammad Idris.

Menurut Idris, pembangunan DeCOR tersebut, bukan hanya sekedar mewujudkan kebutuhan hidup modern saja, melainkan guna kelancaran komunikasi.

“Substansinya dari program ini adalah untuk kelancaran komunikasi, kemudahan dan juga ketepatan. Sehingga tidak hanya dari pihak yang melayani publik, tapi juga dari pihak yang dilayani harus juga kita cerdaskan,” ujarnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kota Depok Sidik Mulyono ikut menjelaskan, bahwa sasaran dari layanan DeCOR adalah dalam rangka menyempurnakan pelayanan publik, baik itu pelayanan publik keluar, maupun untuk mempermudah pelayanan publik ke dalam.

“Layanan DeCOR ini, juga sebagai pusat kendali Kota Depok, yaitu dengan cara mengakses data yang telah terhubung dengan berbagai pihak terkait,” kata Sidik.

Menurutnya, pembangunan layanan Depok City Operations Room atau DeCOR tersebut menggunakan biaya APBD Kota Depok 2018, yakni anggaran kegiatan infrastruktur jaringan.

“Pembangunan DeCOR ini, dilakukan dengan dua tahap. Tahap pertama itu difokuskan kepada pemenuhan infrastruktur dasar,” jelas Sidik.

“Untuk pembangunan tahap kedua, akan difokuskan kepada peningkatan perangkat teknologi yang akan digunakan, seperti pengerjaan pebambahan rak server, servernya serta penambahan perangkat lainnya,” tambahnya.

Pantauan dilokasi, selain dihadiri sejumlah kepala OPD, peresmian layanan DeCOR ini juga dihadiri oleh Kasdim 0508/Depok Mayor Arh Erfan Yuli Saputro, Kabag Ops Polresta Depok Kompol Agung, Ketua TP PKK Kota Depok Elly Farida, serta tamu undangan lainya. (PG)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: pajajaranred@gmail.com Terima kasih.