Hamzah Dan Putra Gara, Menggali Jejak Prabu Siliwangi Di Kota Depok

PN.DEPOK l — Politisi Gerindra H. Hamzah, SE. MM., tiba-tiba saja sangat tertarik dengan sejarah di kota Depok. Hal itu dicetuskan ketika ia bersama seniman dan budayawan Putra Gara, menggali jejak Prabu Siliwangi.

“Sebagai penguasa Pajajaran, Prabu Siliwangi memang sempat singgah atau menetap di beberapa tempat. Salah satunya tentu di kota Depok yang kala itu juga masuk bagian dari wilayah Pajajaran,” ungkap Hamzah, Selasa (27/7/2021).

Lebih jauh Hamzah yang juga sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Depok ini menambahkan, selain jejak Prabu Siliwangi, Depok juga sempat disinggahi atau dijadikan tempat tinggal para aulia. Ada beberapa makam keramat yang ada di kota Depok, yang tentu saja dikeramatkan karena sosok atau figurnya dimasa mereka hidup.

“Di tempat tinggal saya sendiri, di daerah Tapos, ada makam Ambo Mayang Sari, yang tak lain masih keturunan Prabu Siliwangi, dan menjadi istri Pangeran Purbaya, anak dari Sultan Agung Tirtayasa,” terang Hamzah.

H. Hamzah, SE.MM., merawat sejarah.

Penggalian jejak Prabu Siliwangi di Kota Depok, menutut Hamzah, tak lain untuk melestarikan yang pernah ada. Karena sebelum adanya kita, merekalah yang terlebih dahulu ada.

“Paling tidak ketika kita mengetahui bahwa tempat kita tinggal sekarang pernah menjadi tempat tinggal atau singgah mereka, kita bisa lebih menghargai dan menjaganya,” kata Hamzah lagi.

Sementara Putra Gara yang juga pernah menyusun buku Margonda menambahkan, apa yang ia lakukan bersama Hamzah dalam rangka menggali jejak Prabu Siliwangi adalah salah satu sumbangsihnya untuk kota Depok.

“Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu merawat sejarahnya,” ungkap Gara.*** (suk)

 

1,250 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Copyright © 2019 Pajajaran News                        All Rights Reserved Powered by MasHer