Utamakan Penggunaan Bahasa Indonesia Diruang Publik

Pendahuluan

A.    Latar Belakang

Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional dan bahasa resmi. Salah satu fungsi bahasa indonesia adalah digunakan dalam acara resmi dan ruang publik. Ruang publik di Indonesia merupakan ruang umum atau ruang untuk siapa saja khususnya masyarakat Indonesia yang terdiri atas berbagai suku bangsa.

Bangsa ini tidak akan memiliki kesulitan dalam melakukan komunikasi dengan seluruh suku bangsa yang ada di nusantara. Banyak kalangan mulai dari mahasiswa, artis, politisi, pegawai swasta maupun pejabat publik lebih menyukai menggunakan bahasa asing diruang publik dari pada menggunakan bahasa indonesia. Menggunakan bahasa atau istilah-istilah asing terasa lebih membanggakan dan terlihat intelektual daripada menggunakan bahasa indonesia meskipun tidak semua orang bisa memahami bahasa asing.

 

B.    Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dibuat, diperolehrumusan masalah, yaitu :

Mengapa kita harus mengutamakan penggunaan bahasa indonesia diruang publik ?

 

Pembahasan

Mengapa kita harus mengutamakan penggunaan bahasa indonesia di ruang publik ?

Mengenalkan Bahasa Indonesia ke dunia luar tidak akan membuat kita tertinggal zaman, bahkan justru akan semakin meningkatkan nasionalisme kita sebagai warga negara. Namun sebelum kita menuju dunia luar untuk mengenalkan Bahasa Indonesia, kita harus tahu terlebih dahulu mengenai arti dan makna Bahasa Indonesia dalam diri kita. Mengapa si kita harus mengutamakan Bahasa Indonesia? salah satu hal yang pasti adalah Bahasa merupakan cerminan sikap dan identitas penggunanya, ketika kita menggunakan Bahasa Indonesia yang tertara diruang publik, ini akan menunjukan bahwa sebagai anak muda kita sudah mampu menguasai bahasa kita sendiri dengan baik.

Menggunakan bahasa Indonesia menjadi sangat penting untuk kita semua, terutama bagi masyarakat daerah. Sebab saat kita akan melebarkan sayap untuk mencari pekerjaan atau pun berwirausaha di luar daerah, maka kita akan sangat terbantu dengan bahasa Indonesia yang sangat umum digunakan di wilayah manapun.

Masyarakat Indonesia itu Bhineka Tunggal Ika, bahasa Indonesia harus mengisi ruang-ruang publik. Di ruang publik juga tidak boleh digunakan bahasa asing, baik bahasa Inggris maupun bahasa asing lain. Hal itu juga berkenaan dengan pemahaman publik, meskipun mungkin ada anggota masyarakat yang dapat memahaminya. Karena kebanyakan masyarakat kita tidak memahami bahasa asing dengan baik, tentu ruang publik berbahasa asing tidak dapat dipahami.

 

Kesimpulan

Kita harus mengutamakan bahasa indonesia karena kita adalah satu keatuan bangsa indonesia, tetapi kita juga tidak boleh lupa dalam melestarikan bahasa daerah, menguasai atau mempelajari bahasa asing juga penting agar dapat berkomunikasi dengan orang luar negeri ( orang asing ) walaupun telah menguasai nya kita tidak boleh lupa dengan bahasa persatuan yaitu bahasa indonesia.

 

Oleh : Algisty Divajeng Maharani Budim

 141 total views,  1 views today

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: pajajaranred@gmail.com Terima kasih.