Kadiskominfo Depok: Wartawan Harus Netral & Independen Dalam Menulis Berita

DEPOK, pajajarannews.com – Wartawan dalam menulis berita harus netral dan independen apalagi berita politik menjelang pemilu 2019. Demikian dikatakan Kepala Diskominfo kota Depok, Sidik Mulyono pada acara Ngopi Bareng bertajuk “Netralitas Wartawan Menulis Berita Menjelang Pemilu 2019” di kantor Sekber Wartawan kota Depok, Jumat sore (25/1/2019).

Sidik menjelaskan, independensi dalam penulisan berita berarti terbebas dari intervensi para pihak yang berkepentingan. Sedangkan netralitas terkait pemberitaan yang berimbang, tidak condong ke A atau ke B.

“Tidak bedanya ASN, wartawan juga secara profesi dituntut netralitasnya dalam pemilu mendatang. Tetapi secara pribadi, kita memiliki hak suara yang juga harus dipertanggungjawabkan,” ungkap Sidik.

Dalam paparannya Sidik lebih mengajak rekan wartawan untuk dapat menjalankan fungsi dan peran wartawan sebagai profesi yang profesional.

“Peran saya sebagai Kadis Kominfo, memang bermitra dengan semua wartawan. Baik cetak, eloktronik, maupun online, karena itulah netralitas wartawan dalam penulisan berita menjelang pemilu 2019 ini menarik untuk dibicarakan. Tentu semua terkait agar pemilu yang damai di Kota Depok dapat dilaksanakan,” jelas Sidik.

Dua sesi pertanyaan menghangatkan acara ngopi bareng tersebut. Dari berbagai pertanyaan, nampaknya Sidik yang sudah terbiasa berhadapan dengan wartawan, mampu membawa acara Ngopi Bareng Sekber Wartawan kota Depok itu semakin memperjelas posisinya sebagai Kadis Kominfo. Karena semua pertanyaan dapat dijawab plus dengan data yang selama ini sudah dijalankan kominfo.

“Apa pun yang terjadi, saya berharap wartawan di Sekber dapat menulis berita yang kondusif. Faktual dan berkeadilan. Efek atau dampak dari pemberitaan saya harap harus lebih dipertimbangkan,” ungkap Sidik.

Diskominfo kota Depok selama ini dijadikan Sidik sebagai mitra bagi para pewarta. Sidik berharap cek dan kroscek untuk pendalaman berita bagi seorang wartawan itu yang diperlukan. Dan ia siap menjelaskan apa pun terkait dengan pemberitaan Depok.

Terkait masalah netralitas wartawan dalam pemilu 2019 ini, Sidik mengembalikannya kepada wartawan itu sendiri. Karena profesi wartawan selain ada undang-undangnya, juga ada kode etik wartawan itu sendiri.

“Jadi tak perlu saya jelaskan lagi fungsi dan peran seorang wartawan. Itu sama saja mengajari burung terbang. Tetapi sebagai mitra wartawan, saya mengajak ayo kita ciptakan suasana kondusif di Kota Depok ini, dan independensi serta netralitas wartawan dalam menulis berita, semoga membawa pemilu 2019 ini damai dan berjalan lancar,” ungkap Sidik lagi.

Acara yang dipandu oleh Putra Gara itu berlangsung dari pukul 16.00 selesai saat adzan magrib berkumandang. Beberapa wartawan yang tak mendapat kesempatan dalam sesi tanya jawab, berkesempatan mewawancarai Sidik secara tersendiri.*** (PG)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: pajajaranred@gmail.com Terima kasih.