IBH Bersama Pemprov DKI Tinjau Situ Pedongkelan

DEPOK, pajajarannews.com – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta meninjau kondisi Situ Pedongkelan di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis yang berbatasan dengan Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Dari hasil peninjauan tersebut ditemukan terjadinya sedimentasi di Situ Pedongkelan. Untuk itu, diperlukan penanganan bersama sebagai tindaklanjut dari permasalahan tersebut.

Namun ada sejumlah kendala dalam mengentaskan persoalan yang ada di Situ Pedongkelan, salah satunya akses jalan masuk untuk alat berat.

“Ada beberapa akses yang perlu kita bebaskan untuk akses alat berat dan damp truck yang ingin mengambil endapan lumpur di dalam Situ Pedongkelan. Ini yang menjadi kesulitan kami untuk melakukan aksi tersebut,” tutur IBH usai tinjauannya, Rabu (10/07/2024).

Dirinya mengungkapkan, kendala-kendala yang ditemukan di lapangan akan dibahas terlebih dahulu guna menentukan rencana aksi ke depannya. Baik, rencana aksi maupun anggaran.

“Ini kita rencanakan dulu, rencana aksi bersama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Pemprov DKI Jakarta, komunitas, LPM serta masyarakat yang ingin membantu melestarikan lingkungan di Situ Pedongkelan,” ujarnya.

“Anggaran belum diputuskan, baik dari kami ataupun DKI. Makanya nanti bisa diusulkan dari Pemprov DKI melalui APBD Murni 2025,” tambahnya.

Dirinya berharap rencana ini mendapat dukungan dari semua pihak, termasuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta, khususnya dari daerah pemilihan (dapil) Jakarta Timur.

“Mudah-mudahan dewan Provinsi DKI juga bisa bantu. Terutama dapil perbatasan Depok-Jakarta Timur untuk membereskan masalah bersama, bukan hanya masalah Kota Depok tetapi juga DKI,” harapnya.

“Terlebih, Kota Depok menjadi penyangga sumber daya air dan penahan banjir agar tidak sampai ke DKI Jakarta,” sambungnya.

Semantara itu, Kepala DLH Pemprov DKI Jakarta Asep Kuswanto menuturkan, saat ini menjadi waktu yang tepat untuk merencanakan penyelesaian persoalan di Situ Pedongkelan. Sebab Pemprov DKI Jakarta dan Pemkot Depok sedang menyusun APBD tahun 2025.

“Ini waktu yang tepat untuk kita diskusikan, supaya rencana ke depan seperti apa sudah bisa kita tangani bersama,” tandas IBH.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: pajajaranred@gmail.com Terima kasih.