KWB : Selamat Hari Pers Nasional, Independensi Pers Dipertaruhkan

PN. BOGOR l – Perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 kali ini Jawa Timur sebagai tuan rumahnya. Seremonial ini, menurut Dace Supriadi- Ketua Karukunan Warga Bogor (KWB), harus diimbangi dengan semangat independensi fungsi dan peran pers itu sendiri.

“Saya mengucapkan selamat Hari Pers Nasional. Sebagai pilar keempat dalam pembangunan bangsa ini, semoga pers tetap pada tempatnya, tidak terkontaminasi oleh kepentingan politik, golongan, atau menjadi alat untuk meraup keuntungan pribadi. Jangan sampai itu terjadi, dan bila itu terjadi, hilanglah sudah independensi dari pers itu sendiri,” terang Dace di kantornya (9/2/19).

Lebih jauh Dace mengungkapkan, menjelang pemilu april mendatang, kepentingan dari pers memang sedikit rawan. Karena tentu saja ada juga pers menjadi alat atau corong dari kepentingan. Apa lagi bila dilihat, para petinggi partai yang notabenenya adalah pemilik media, tentu akan memanfaatkan kendaraan medianya untuk kepentingan tersebut.

“Meski begitu, biarkan masyarakat yang menilai. Dan momen hari pers ini, semoga bisa jadi renungan bagi insan pers,” kata Dace lagi.*** (Gara)

 500 total views,  1 views today

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: pajajaranred@gmail.com Terima kasih.