Mahasiswa Pacasarjana UNJ Gelar Pelatihan Daring yang Menyenangkan

  • Bagikan

PN.BOGOR I – Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) Mahasiswa Program Studi Pascasarjana Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) setelah sukses menggelar webinar pengabdian kepada masyarakat kini melanjutkan aksi nyata secara luring.

Pelatihan yang digelar mengusung tema “Pelatihan Menciptakan Pembelajaran Daring yang Menyenangkan dengan Platform Sederhana” acara tersebut diselenggaran di Gugus Cilaku, Kecamatan Tenjo Kab. Bogor, Sabtu (16/10).

Acara terpantau, pelatihan dibuka oleh Nurul Bariyati, S.Pd. selaku ketua Gugus III Cilaku. Dilanjut dengan materi I “Mendesain Pembelajaran Daring” oleh Dr. Eveline Siregar, M.Pd. yang juga selaku koordinator Prodi S2 Teknologi Pendidikan UNJ.

Dr. Eveline menyampaikan bahwa dengan proses yang dilakukan secara sistematis dan hati-hati dalam menentukan tujuan pembelajaran, strategi, media/platform dan evaluasi, diharapkan pembelajaran menjadi efektif dan tepat guna.

Materi kedua dari Elvita Rahmi, M.Pd. berjudul “Memanfaatkan Platform Wordwall.”

Materi ketiga dari Maulana Malik Ibrohim, S.Pd. dengan judul “Memanfaatkan Platform Quizzizz.”

Pelatihan digelar dengan menyenangkan, interaksi antara narasumber dan peserta pelatihan sangat hidup terlebih saat tiap pergantian materi peserta pelatihan diajak untuk bermain berbagai game seru yang disuguhkan oleh fasilitator juga oleh pemateri.

Tujuan Pelatihan Menciptakan Pembelajaran Daring yang Menyenangkan dengan Platform Sederhana yaitu sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh yang dilakukan oleh para guru, walaupun terdapat beberapa keterbatasan, seperti waktu yang kurang panjang untuk berlatih dan berdiskusi. Namun dengan memfasilitasi guru dengan rekaman materi yang bisa diulang-ulang, diharapkan guru-guru dapat belajar sendiri maupun secara kolaboratif. Guru dapat melatih kemampuannya sendiri dan mau menerapkannya dalam proses pembelajarannya.***

Laporan: Soleh Sohih

 1,593 total views,  3 views today

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: pajajaranred@gmail.com Terima kasih.

  • Bagikan