Dompet Duafa Gelar Madina Muharram Festival 1446 H

Dompet Duafa - PN
Dompet Duafa - PN

BOGOR, pajajarannews.com – Muharram, yang dikenal sebagai tahun baru Islam atau tahun baru Hijriah adalah momen penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Dalam rangka memperingati momen istimewa ini, Zona Madina Dompet Dhuafa bersama para stakeholder, mitra kolaboraksi, jejaring, dan seluruh masyarakat menggelar Madina Muharram Festival 1446 H dengan tema “Muharram Ramah Keluarga” pada Minggu, 7 Juli 2024, di Kawasan Ramah Keluarga Zona Madina Dompet Dhuafa.

Festival ini adalah manifestasi dari komitmen Zona Madina, bagian dari Dompet Dhuafa dalam melayani dan memberdayakan masyarakat dengan tagline kelembagaan “a smiling foundation”. Baru-baru ini, pada 2 Juli, Dompet Dhuafa merayakan milad ke-31.

Kegiatan festival dimulai dengan pembacaan dongeng anak-anak yang diikuti oleh 120 peserta dari 7 cabang lomba. Dongeng ini menceritakan tentang hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah, dengan harapan dapat menanamkan nilai-nilai keislaman pada anak-anak.

“Kami ikut lomba mewarnai dan fashion show. Sebagai orang tua, kami senang dengan adanya dongeng anak dan pematerinya sangat informatif dan edukatif. Ini menjadi hiburan dan pelajaran bagi anak di sela-sela persiapan lomba,” ujar Nina, orang tua peserta lomba asal Jampang.

Festival ini menyelenggarakan berbagai lomba seperti lomba mewarnai anak tingkat PAUD dan TK, lomba fashion show anak, lomba tahfiz Al-Quran anak, lomba tujuh belasan anak, lomba fun cooking, lomba parade musik Islami, dan lomba story telling, dengan total 167 peserta dari berbagai kalangan.

“Anak saya Aqila kemarin ikut lomba mewarnai saat Madina Kurban dan belum beruntung. Saya terus memotivasi dia untuk terus belajar dan mencoba. Alhamdulillah, hari ini Aqila juara 1 lomba mewarnai. Kami sangat berterima kasih kepada Zona Madina yang telah memberikan wadah bagi anak-anak untuk tumbuh dan belajar. Semoga acara seperti ini rutin diadakan,” ujar Bunda Aqila, orang tua peserta lomba asal Kahuripan.

“Zona Madina Dompet Dhuafa selalu mengedepankan prinsip berdampak, berkelanjutan, dan kolaboraksi. Dalam kegiatan ini, semua stakeholder dan jejaring Dompet Dhuafa bekerja sama untuk memberikan layanan maksimal dan berdampak bagi semua kalangan. Kami ingin terus hadir di tengah masyarakat dan memberikan manfaat seluas-luasnya,” ujar Armie Robi, Direktur Zona Madina Dompet Dhuafa.

Festival ini juga memberikan manfaat kepada 10 anak yatim dan 7 lansia melalui penyaluran sedekah, seperti donat untuk yatim dan kacamata untuk lansia, berkat donatur Zona Madina, Optik I&U, dan Donat Madu Cihanjuang. Hal ini menunjukkan komitmen Zona Madina dalam menyalurkan sedekah kepada yang membutuhkan.

Festival ditutup dengan bazar yang memberdayakan puluhan UMKM sekitar, memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi mereka. Acara diakhiri dengan pembagian hadiah dan penampilan budaya angklung, melestarikan kebudayaan tradisional Indonesia.

Dengan berbagai kegiatan ini, Madina Muharram Festival 1446 H tidak hanya mempererat ikatan keluarga tetapi juga membawa beragam manfaat bagi masyarakat.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: pajajaranred@gmail.com Terima kasih.