Ratusan Wartawan Dari Aceh Hingga Papua Deklarasikan SWI, Saat Perpisahan Ketum SWI Maryoko Aiko Kasih Pesan Begini

PN.BOGOR l — Ketua Umum Sekber Wartawan Indonesia, Maryoko Aiko menutup gelaran nasional Deklarasi dan Rakernas SWI I di Kinasih Resort & Conference.

Deklarasi dan Rakernas Sekber Wartawan Indonesia berlangsung dari tanggal 22-25 Juli 2022.

Gelaran Nasional itu dihadiri ratusan wartawan yang menjadi pengurus DPW dan DPD dari Provinsi Aceh hingga Papua.

Acara yang didukung Bank Mandiri itu dalam penutupan Ketua Umum Sekber Wartawan Indonesia, Maryoko Aiko memberikan arahan penting untuk pengurus DPP, DPW dan DPD SWI.

“Secara administrasi, SWI sudah memenuhi syarat untuk masuk menjadi konstituennya Dewan Pers. Jadi segera lakukan pendaftaran agar kawan-kawan kita secara sah mendapatkan pengakuan Dewan Pers sehingga tidak ada keraguan lagi dalam memberikan informasi kepada masyarakat secara berimbang dan bertanggung jawab.” tutur Aiko.

Seperti data Kemenhukham, SWI terdaftar di AHU pada tahun 2021 dan berkembang pesat dengan membentuk kepengurusan di seluruh wilayah Indonesia.

“Pesan penting selanjutnya, kita memasuki tahun politik. Untuk seluruh jurnalis yang tergabung di bawah SWI, tetap dalam pemberitaan, isu isu capres, caleg dan komponen politik lainnya tetap harus independen. Secara lembaga tentu SWI non partisan. Berikan porsi pemberitaan yang adil terhadap semua capres, caleg dll bila mereka melakukan rilis program-program mereka agar masyarakat mendapat informasi yang baik,” lanjut Aiko.

Indonesia memasuki masa-masa menentukan menjelang tahun politik 2023-2024. Pemerintah sudah menentukan Pemilu dilakukan tahun 2024 dengan Pileg dilaksanakan di Bulan Februari 2024 dan Pilpres di bulan Oktober 2024.

“Terakhir Ketum mengucapkan banyak terima kasih. Deklarasi dan Rakernas SWI berjalan dengan baik. Meski kemarin ada sedikit situasi yang memanas karena perbedaan pendapat itu hal yang wajar. Itulah yang dinamakan demokrasi. Selamat jalan untuk semua rekan-rekan jurnalis. Kembangkan SWI di wilayah kalian. Jalankan fungsi jurnalisme yang independen dan merdeka,” tutupnya, yang langsung disambut dengan tepuk tangan peserta Deklarasi dan Rakernas SWI I.

Maryoko Aiko menjabat sebagai Ketua Umum SWI hingga 2026. Dalam Rakernas konstituen SWI akan melakukan Rapimnas tahun 2025 di Banjarmasin. Dan melakukan Munas pemilihan pengurus baru tahun 2026 di Kota Palembang.*** (Ru)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: pajajaranred@gmail.com Terima kasih.